CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP


CIRI – CIRI MAKHLUK HIDUP
Makhluk hidup dibedakan dari benda mati karena makhluk hidup mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :
1.     BERGERAK
Hewan dan manusia dapat bergerak bebas sedangkan tumbuhan bergerak terbatas atau bergerak pada sebagian tubuhnya. Gerak tumbuhan misalnya menutupnya daun putrid malu ( Mimosa Pudica ) jika tersentuh. Gerak pada hewan lebih mudah diamati daripada gerak pada tumbuhan.
2.    BERNAPAS
Bernapas adalah proses mengambil oksigen dari luar dan menggunakannya dalam tubuh unutk proses oksidasi yang akan menghasilkan energy dan sisa pernapasan berupa karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Tumbuhan memperoleh oksigen melalui stomata pada daun dan melalui lentisel pada batang.
3.    PEKA TERHADAP RANGSANG ( IRITABILITAS )
Tumbuhan tidak memiliki alat khusus untuk menerima rangsang namun tetap mempunyai kepekaan terhadap lingkungan, misalnya batang tumbuh ke arah cahaya matahari dan akar tumbuh ke arah pusat bumi. Hewan mempunyai alat indra khusus yang dapat dipergunakan unutk menerima dan menjawab rangsang dari luar.
4.    TUMBUH & BERKEMBANG
Pertumbuhan merupakan pertambahan ukuran yang sifatnya irreversible ( tidak dapat balik ) dan bersifat kuantitatif ( dapat diukur ) misalnya tinggi tanaman, berat tanaman. Sedangkan perkembangan lebih ke arah proses menuju kedewasaan yang mengiringi pertumbuhan yang sifatnya kualitatif. Berkembang ditandai dengan mulai berfungsinya alat reproduksi baik pada tumbuhan maupun hewan. Pada hewan ditandai dengan berfungsinya organ testis dan ovarium sedangkan pada tumbuhan ditandai dengan munculnya bunga.
5.    BERKEMBANG BIAK ( REPRODUKSI )
Tujuan berkembangbiak adalah menghasilkan keturunan dalam rangka mempertahankan jenisnya dari kepunahan. Perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan berlangsung secara kawin ( generative ) dan tidak kawin ( vegetative ).
6.    MENGELUARKAN ZAT SISA
Semua makhluk hidup mengelurkan zat sisa. Zat sisa pada manusia berupa urine, keringat dan karbondioksida yang harus dikeluarkan melalui system ekskresi. Alat ekskresi pada manusia misalnya ginjal, kulit, hati, dan paru – paru. Hewan tingkat rendah mempunyai alat ekskresi yang berbeda – beda.
7.    MEMERLUKAN MAKANAN & AIR
Makhluk memerlukan makanan untuk menghasilkan energi, mengganti sel – sel yang rusak dan pertumbuhan serta mengatur proses – proses dalam tubuh. Tumbuhan mensintesis atau membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Dalam fotosintesis diperlukan klorofil ( zat hijau daun ), air, karbondioksida dan cahaya matahari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar